KARTU TANDA PENDUDUK

Kantor Kecamatan Balongbendo memberikan pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik pemohon KTP baru, penggantian dan perpanjangan

Proses Kartu Tanda Penduduk (KTP)

A. Proses Kartu Tanda Penduduk (KTP) Warga Negara Republik Indonesia (WNRI)

Dasar :            

    1. Perda Nomor 1 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kabupaten Sidoarjo
    2. Perda Nomor  21 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo
    3. Pasal 19 Perbup Nomor 69 Tahun 2008
Persyaratan :
    1. Membawa blangko FS.3/KP 1 dan foto KTP
    2. Membawa foto copy KSK dan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan tahun berjalan
    3. Khusus bagi pemohon penggantian karena kehilangan harus membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
  • Alur Pelayanan :
    1. Loket (meja pelayanan)
    2. Cek persyaratan permohonan KTP
    3. Diregister
    4. Diproses/dikomputer
    5. Selesai diproses dibawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mendapat stempel pengesahan
    6. KTPdibawa kembali ke kantor Kecamatan siap disampaikan kepada pemohon/selesai
  • Jangka waktu penyelesaian       : ± 3 hari
  • Biaya                                    : Gratis

B. Proses Kartu Tanda Penduduk (KTP) Warga Negara asing (WNA) : Nihil
C. Proses Kartu Tanda Penduduk (KTP) Musiman

    • Dasar   :
      1. Perda Nomor 1 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kabupaten Sidoarjo
      2. Perda Nomor  21 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo
      3. Pasal 19 Perbup Nomor 69 Tahun 2008
    • Persyaratan  :
      1. Membawa blangko FS.3/KP 1 yang berwarna hijau dan foto untuk KTP
      2. Membawa foto copy KSK dan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan tahun berjalan
      3. Membawa foto copy KTP dari daerah asal
    • Alur Pelayanan :
      1. Loket (meja pelayanan)
      2. Cek persyaratan permohonan KTP
      3. Diregister
      4. Berkas dibawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk dicetak, kerena di Kecamatan belum ada program Kipem/KTP Musiman
      5. Selesai diproses distempel di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
      6. KTP dibawa ke kantor Kecamatan siap disampaikan kepada pemohon.
    • Jangka waktu penyelesaian          : ± 3 hari
    • Biaya                                       : Gratis